Minggu, 19 Januari 2014

PENGGUNAAN GADGET YANG SEHARUSNYA

Peran orang tua sangat besar dalam pembentukan nilai dan norma pada diri anak. Dalam menanamkan kaida mana yang baik dan yang tidak baik, mana yang bener dan mana yang salah, mana yang boleh dan mana yang tidak boleh, porsi orang tua cukup besar. Pihak lain yang juga mempunya adil dalam hal ini adalah sekolah termasuk didalamnya adalah para guru, kurirkulum, dan sistem pendidikannya. Yang lain adalah institrusi agama, seperti sekolah minggu serta kebaktian yang sesuai dengan usia anak.
Pembetukn ilai dan norma tidak bisa sekadar diajarkan di dalam kelas, tetapi juga dalam praktik kehidupan sehari-hari. Apa yang diajarkan harus sejalan dengan apa yang dilakukan, baik leh para orang tua maupun para guru. Bahkan, conth perilaku akan lebih tertanam dan pengajaran di dalam kelas. Bukan hanya perilaku tetapi ucapan, pendapat dan opini juga berdampak pada pembentukan nlai dan norma, khususnya bagi anak-anak.

Pihak lain yang mempunyai pengaruh dalam pembentukan nilai adalah media massa. Tayangan acara di teivisi, surat kabar, majalah dan iklan juga punya andil yang cukup besar. Gadget yang seakin lama semain canggih, juga berdampak pada pembentukan nilai dan norma anak. Nilai dan norma yang kita miliki dapat tercermin dari apa yang kita ucapkan, ketika kita berpendapat atau menyampaikan Opini dan juga terlihat pada perilaku kita. Nilai dan norma ini akan lebih nyata terlihat apabila kita dalam kondisi tertekan atau tersudut, sangat wajar apabila dia membela atau mempertahankan diri. Kalau dirinya memang sala, apakah bisa dengan tulus meminta maaf, atau malah menyalahkan orang lain. Kalau dirinnya tidak bersalah, apakah bisa memaafkan orang lain atau malah menekan orang lain.

Kemajuan yang begitu cepat dalam teknologi tidak sempat dibarengi dengan pengajaran dan pagar-pagar tentang bagaimana menggunakan gadget dengan baik dan benar. Banyak kecelakaan terjadi yang disebabkan pengemudi sibuk bermain dengan gadgetnya. Melalui gadget yang sangat menggoda opini yang disampaikan media massa sangat mudah diakses melalui gadget di genggaman tangan. Semua orang yang ditanya mengapa menggunakan gadget disaat yang tidak mungkin memungkinkan hanya menjawab “mungkin pesan yang baru masuk ini penting” mereka tidak menyadari kalau gadget itu akan menimbulkan sesuatu yang buruk apabila menggunakanna bukan pada saat yang tepat, begitu juga untuk anak dibawah umur yang sudah memakai gadget akan menimbulkan hal yang buruk karena mereka belum semestinya menggunakan gadget yang canggih.


Sumber : Majalah Kasut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar