Minggu, 12 Januari 2014

KELUHAN MAAG YANG MUNGKIN BUKAN MAAG

Gangguan lambung sebetulnya ada beberapa. Yang dimaksud sakit maag ialah bila lambung mengalami peradangan. Lambung meradang bisa disebabkan jenis menu terlampau merangsang selaput lendir lambung, atau bisa juga karena lambung kurang terlindung dari asam yang diproduksinya sendiri, selain bila keasaman lambung berlebihan. Satu lagi yang belum banyak orang tahu yaitu adanya kuman yang menggerogoti lambung. bakteri itu bernama Helicobacter Pylori namanya. Lambung bukan saja meradang oleh asam dan kuman. Tak jarang juga bisa terluka akibat obat-obatan tertentu selain jamu. Bukan kejadian yang jarang kalau terkena duri atau tulang ikan selain terpapar bahan kimia korosif. Misal, terminum minyak tanah, karbol, lisol, selain alkohol takaran tinggi.

Apa pun penyebab peradangan lambung, keluhannya kurang lebih sama. Untuk memastikan ada apa di lambung, dibuat endoskopik, yakni foto dalaman lambung dengan memasukkan selang kecil dari rongga mulut. Dengan melakukan endoskopik juga kemungkinan ditemukan penyebab lain gangguan lambung sepert kemungkinan adanya polip, tumor, atau kaknker lambung. Maka untuk kasus-kasus yang dicurigai ada kemungkinan lain di luar peradangan lambung saja, endoskopik adalah sebuah keharusam.

Oleh karena lambung berlanjut dengan usus dua belas jari, maka gangguan lambung bisa juga segaligus gangguan usus dua belas jari yang merupakan saluran kelanjutannya yang bisa sama-sama meradang juga. Lambung dan usus dua belas jari bisa sama-sama meradang. Keluhannya juga sukar dibedakan dengan keluhan hanya gangguan lambung. Bedanya gangguan lambung dengan gangguan usus dua belas jari, dalam hal makan. Pada gangguan lambung, bila diisi makan biasanya mereda keluhannya. Tidak demikian bila usus dua belas jari yang meradang dan keluahan usus dua belas jari umumnya menyerang saat dini hari. Terbangun dini hari karena keluhan nyeri ulu hati menyerang. Obat radang lambung dan obat radang usus dua belas jari sama.


Sumber. Majalah Kasut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar