Manajemen dan Organisasi
1. Manajemen
Pengertian dan peranan manajemen:
Manajemen dapat di artikan sebagai
ilmu dan seni tentang upaya untuk memanfaatkan semua sumber daya yang
dimiliki untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Para ahli
ekonomi umumnya mempunyai pengertian yang berbeda tantang manajemen,
berikut pengertian
Dengan demikian sebenernya
manajemen itu hampir selalu ada pada setiap kegiatan manusia sebab
manusia akan selalu berusaha berkumpul dan bekerja sama.
Fungsi dan Proses Manajemen:
Fungsi manajemen adalah
elemen-elemen dasar yang selalu ada dan melekat dalam proses manajemen
yang akan dijadiakan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan
untuk mencapai tujuan. Fungsi manajemen dapat dilakukan di perusahaan
manapun. Pada fungsi manajemen tersebut terdapat beberapa pendapat
mengenai fungsi manajemen:
1. George R. Terry
Fungsi manajemen: planning,organizing, actuating, dan controlling.
2. Harold Kontz dan Cyrill O’Donnel
Fungsi manajemen: planning, organizing, staffing, directing, dan
conrtolling.
3. Henry Fayol
Fungsi manajemen: planning, organizing, commanding, coordinating dan controlling
Berikut ini adalah garis besar
dari keseluruhan teori yang telah dijabarkan di atas kita dapoat
menyimpulkan tiga fungsi manajemen yang sangat umum digunakan yaitu
perencanaan, pengorganisasian, dan pengontrolan.
1. Perencanaan (planning)
Perencanaan adalah kegiatan
pertama seorang manajer dalam rangka melaksanakan fungsi manajemen
agar dapat membuat keputusan yang teratur dan logis sebelumnya harus ada
keputusan terlebih dahulu sebagai petunjuk langkah-langkah selanjutnya.
Keputusan itu mencakup hal-hal berikut:
- Analisis, yaitu perhitungan bagaimana perkiraan dimasa depan.
- Sasaran, yaitu perincian singkat dan tugas mengenai sasaran yang ingin dicapai,menetapkan hasil yang diinginkan.
- Kebijakan, yaitu rumusan cara-cara kerja yang akan dilaksanakn.
- Program, yaitu urutan langkah-langkah yang akan dilakukan untuk
mencapai sasaran.
- Skedul waktu, yaitu penetapan waktu atau jadwal yang harus
dilakukan.
- Anggaran keuangan, yaitu penetapan sumber-sumber keuangan yang
digunakan untuk melaksanakan proyek yang direncanakan.
Planning yang efektif harus memenuhi 5 W 1 H:
- What : apa tujuan yang hendak dicapai
- Why : mengapa hal tersebut perlu dilakukan.
- Where : dimana hal tersebut akan dilakukan.
- When : kapan hal tersebut akan dilakukan
- Who : bagaimana cara melakukannya
Fungsi perencanaan bermanfaat untuk hal-hal berikut:
a. Mengimbangi ketidakteraturan dari perusahaan.
b. Memusatkan perhatian pada sasaran.
c. Memperoleh pengelolaan yang ekonomis dan dan efektif
d. Memudahkan pengawasan.
e. Mendorong orang memberikan prestasi.
3. Pelaksanaan (Actuating)
Actuating atau tahap pelasanaan
merupakan penerapan atau implementasi dari rencana yang telah ditetapkan
dan diorganisasikan.Actuating merupakan langkah-langkah pelaksanaan
rencana didalam kondisi nyata yang mekibatkan segenap anggota organisasi
untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
§ Actuating adalah menggerakkan
orang-orang agar mau bekerja dengan sendirinya atau penuh kesadarab
secara bersama-sama untuk mencapai tujuan yang dikehendaki secara
efektif. Dalam hal ini dibutuhkan kepemimpinan (Leadership).
§ Leadership adalah kemampuan
untuk mempengaruhi orang lain agar mau bekerja dengan tulus sehingga
pekerjaan berjalan lancar dan tujuan dapat tercapai.
4. Pengawasan (Controlling)
Pengawasan adalah fungsi manajemen
yang tak kalah pentingnya, karna didalam pengawasan dilakukan koreksi.
Pengawasan diperlukan untuk melihat apakah rencana dilaksanakan sesuai
dengan tujuan. Tujuan pengawasan adalah untuk mencegah atau untuk
memperbaiki kesalahan,penyimpangan, penyelewengan dan kegiatan lainnya
yang tidak sesuai dengan rencana. Didalam pengawasan paling tidak
dilakukan tiga proses, yaitu:
§ Melakukan pengukuran terhadap hasil kerja yang telah dicapai.
§ Melakukan perbandingan hasil kerja yang telah dicapai dengan standar yang telah ditetapkan sebelumnya.
§ Melakukan koreksi terhadap hasil kerja yang meliputi pembiayaan dan efesiensi kerja.
# Organisasi adalah Sekumpulan 2 orang atau Lebih yang disusun dalam
kelompok yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama..
# Unsur-unsur Organisasi yaitu :
a. Orang-orang yang menjalankannya (Pelaku)
b. Teknik Pelaksanaan (Kerjasama)
c. Akhir dari Pelaksanaan (Tujuan)
# Matrik Manajemen (Organisasi) yaitu :
1. Planning
2. Organizing
3. Actuating
4. Controling
5. Evaluating
nb : Kalian artikan sendiri yah kata-kata diatas…
# Kepemimpinan adalah Kemampuan
– Mampu mempengaruhi anggota untuk mencapai Tujuan yang sama
– Mampu menggerakkan anggota untuk mencapai Tujuan yang sama
– Mampu mengarahkan anggota untuk mencapai Tujuan yang sama
– Mampu Mengembangkan anggota untuk mencapai Tujuan yang sama
# Tujuan harus Efektifitas dan Efisiensi
# Para anggota harus bersifat Optimis, dan tinggalkan Sifat Pesimis..
# Unsur-unsur Organisasi yaitu :
a. Orang-orang yang menjalankannya (Pelaku)
b. Teknik Pelaksanaan (Kerjasama)
c. Akhir dari Pelaksanaan (Tujuan)
# Matrik Manajemen (Organisasi) yaitu :
1. Planning
2. Organizing
3. Actuating
4. Controling
5. Evaluating
nb : Kalian artikan sendiri yah kata-kata diatas…
# Kepemimpinan adalah Kemampuan
– Mampu mempengaruhi anggota untuk mencapai Tujuan yang sama
– Mampu menggerakkan anggota untuk mencapai Tujuan yang sama
– Mampu mengarahkan anggota untuk mencapai Tujuan yang sama
– Mampu Mengembangkan anggota untuk mencapai Tujuan yang sama
# Tujuan harus Efektifitas dan Efisiensi
# Para anggota harus bersifat Optimis, dan tinggalkan Sifat Pesimis..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar