Kamis, 02 Februari 2012

Perkembangan Bisnis Online


Prospek perkembangan bisnis online


Melihat perkembangan bisnis online yang semakin menunjukan peningkatan positif, membuat sebagian besar orang bertanya-tanya. Apa prospek bisnis online tahun 2011 masih cukup menjanjikan? Tidak perlu diragukan lagi, bahwa tahun inipun prospek bisnis online masih sangat menjanjikan. Mengingat jumlah pengguna internet setiap harinya semakin bertambah.
Perkembangan jumlah pengguna internet di Indonesia pada pertengahan tahun 2007 kurang lebih 18-20 juta user. Jumlah tersebut mengalami peningkatan yang cukup signifikan, hingga pada tahun 2010 diperoleh data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika bahwa pengguna internet sudah mencapai angka 45 juta. Pertumbuhan jumlah pengguna internet di tahun 2011 juga diprediksikan akan mengalami peningkatan yang sangat baik, bahkan para pengamat memprediksikan tahun ini jumlah pengguna internet di Indonesia sudah lebih dari 50 juta orang.
Meningkatnya pengguna internet setiap harinya, memberikan keuntungan besar bagi para pelaku bisnis online. Sebab dengan meningkatnya jumlah pengguna internet, maka peluang pasar merekapun semakin terbuka lebar. Tak heran jika belakangan ini, banyak orang mencoba peruntungan mereka dengan membuka berbagai peluang bisnis melalui dunia maya.
Sekarang ini, bukan hanya penguasa internet seperti google dan facebook saja yang bersaing melakukan inovasi-inovasi baru untuk meramaikan pasar internet. Para pemula juga mulai bermunculan dengan membawa konsep bisnis yang beragam, untuk membidik sasaran pasar tertentu. Tentu hal tersebut akan mewarnai persaingan bisnis online di tahun 2011 ini.

Untuk memenangkan persaingan bisnis online, banyak pelaku bisnis yang berusaha mengoptimalkan blog atau website mereka dengan mencari informasi mengenai kunjungan konsumen. Hal inilah yang mendorong  para pelaku bisnis online, ingin mengetahui tracking blog atau website yang mereka miliki saat ini.
Manfaat dari kegiatan tracking pengunjung antara lain, pelaku bisnis online bisa mengetahui dari mana pengunjung menemukan bisnis onlinenya, berapa banyak jumlah konsumen yang mengunjungi blog atau website tersebut setiap harinya, berapa lama pengunjung browsing di blog atau website Anda, sampai halaman atau content apa saja yang paling sering dikunjungi konsumen. Sehingga Anda mengetahui informasi penting menyangkut perkembangan bisnis online Anda saat ini.
Jika Anda penasaran dan bertanya-tanya, mengapa tracking pada bisnis online penting? berikut kami berikan jawabannya :
  • Dengan mengetahui bagaimana pengunjung menemukan bisnis online Anda (seperti melalui mesin pencarian Google dengan kata kunci tertentu), maka Anda bisa memfokuskan diri untuk meningkatkan jumlah kunjungan dari sumber tersebut. Misalnya saja dengan mengoptimalkan kata kunci tertentu, pada setiap konten yang ada pada bisnis online Anda. Atau bisa juga dengan menggunakan SEO, untuk mempermudah proses pencarian pada mesin Goole. Jadi tidak menutup kemungkinan, jika blog atau website Anda akan muncul di halaman pertama hasil pencarian Google.
  • Informasi mengenai jumlah pengunjung yang datang ke blog atau website Anda setiap harinya, juga sangat penting bagi Anda. Dengan informasi tersebut, Anda mengetahui seberapa ramai pengunjung bisnis online Anda. Sebab semakin banyak pengunjung yang datang setiap harinya, maka semakin popular pula blog atau website yang Anda miliki.
  • Berapa lama pengunjung browsing di blog atau website Anda, secara tidak langsung memberikan penilaian pada konten yang ada di dalamnya. Jika konten yang ada di dalam blog atau website tersebut bagus, maka pengunjung juga tidak akan segan untuk berlama-lama browsing ditempat Anda. Hal ini menjadi salah satu bahan pertimbangan ketika Anda mengadakan evaluasi konten dan pelayananbagi para konsumen, sehingga Anda mengetahui cara untuk meningkatkan kepuasan pengunjung.
  • Yang keempat, pentingnya tracking dapat membantu Anda dalam menentukan topik yang diminati konsumen. Dengan melihat data konten yang paling sering dikunjungi konsumen, Anda mengetahui minat konsumen. Sehingga untuk topic selanjutnya, dapat disesuaikan dengan minat utama para pengunjung.
Mengetahui perkambangan blog, merupakan salah satu hal wajib bagi pelaku bisnis online. Oleh karena itu, kegiatan tracking sangat diperlukan untuk mendapatkan data perkembangan sebuah blog atau website yang berimbas pada kemajuan bisnis tersebut
Perkembangan zaman yang semakin maju, dengan teknologi internet serta gadget yang semakin canggih, membuat bisnis online semakin mengukuhkan dirinya sebagai salah satu alternatif untuk penambah "devisa" diri sendiri. Pada awalnya, kebanyakan orang memang hanya melihat gambaran besar bahwa bisnis online ini hanyalah sebagai bisnis coba-coba. Bila dipikirkan dengan lebih luas, bisnis online ini sebenarnya dapat menjadi sumber penghasilan tambahan Anda di setiap bulannya, mungkin sedikit bumbu serius bisa menjadi katalis yang tepat.

Seperti halnya bisnis lainnya, mendirikan bisnis di ranah online juga memerlukan kerja keras dan kegigihan demi menuai keberhasilan.  Dengan semakin meluasnya penetrasi internet di Indonesia, semakin besar pula peluang pengembangan kewirausahaan, khususnya secara online.  Bila dijabarkan ada beberapa alasan mengapa bisnis online adalah alternatif yang menggiurkan.
Pertama, nilai investasi relatif rendah; investasi utama hanya untuk barang yang dijual, tidak perlu biaya besar untuk membangun toko ataupun sewa lapak tahunan. 
Kedua, modal kerja utama hanyalah sambungan internet, komputer, serta barang dan jasa yang ditawarkan.
Ketiga, resiko investasi bisnis online pun rendah, pemilik bisnis bebas berimprovisasi untuk menemukan produk yang paling pas dan cara terbaik untuk memasarkan bisnisnya. Jumlah pengguna internet yang sudah mencapai 45 juta pengguna merupakan alasan
keempat: potensi pelanggan mencapai jutaan orang. 
Kelima, biaya pendirikan "toko" rendah, bahkan ada platform e-commerce yang sama sekali tidak membebankan biaya registrasi ataupun pendirian toko. 
Biaya operasional toko online pun dapat ditekan. Selama bisnis masih dalam tahap pengembangan, tim pengelola bisa menekan biayanya seminimal mungkin. Hingga sekarang, ada beberapa toko online yang pengelolanya hanya dua hingga tiga orang namun sudah mencetak transaksi hingga puluhan juta tiap bulannya. 
Terakhir, bisnis online memiliki pilihan metode pemasaran yang beragam.  Wirausahawan yang internet savvy kini semakin lihai dalam menggunakan berbagai jaringan sosial dan forum untuk mempromosikan bisnisnya secara gratis untuk meraih pembeli (dan bahkan komunitas yang relevan).

bagaimana cara bisnis online yang sehat, dan diminati konsumen?

Kesuksesan yang di raih oleh pembisnis online tidak lah semudah kelihatannya tetapi kita juga harus memperhatikan beberapa aspek penting yang dapat menarik pelanggan untuk membeli produk-produk yang kita tawarkan. Ini adalah beberapa aspek yang harus kita perhatikan di dalam kegiatan bisnis kita,
Kualitas dan inovasi produk, barang yang kita perjualkan haruslah berkualitas agar tiidak mengecewakan pembeli terlebih kita tidak bertemu langsung dengan pembeli jadi pemilihan kualitas barang harus sesuai bila kita ingin sukses dalam berbisnis.

Foto produk, salah satu cara yang menjadi modal untuk menawarkan barang yang kita jual adalah dengan foto dan gambar. Foto atau gambar yang kita jual harus sesuai dengan yang kita jual. Bila memakai foto dari barang lain yang di pakai oleh model juga harus sesuai dengan barang yang kita tawarkan jangan sampai pembeli kecewa dan merasa tertipu.

Kepercayaan dan keamanan, karna kita berjualan online pembayaran yang kita lakukan juga dengan cara online atau melalui transfer rekening. Hal ini harus sangat di perhatikan karena kita tidak tahu siapa pembeli dan pembeli pun tidak mengetahui penjual. Jadi harus ada kepercayaan satu sama lain untuk masalah pembayaran.

Update penjualan, selain barang-barang yang berkualitas baik kita juga harus memperhatikan trend mode yang sedang ada sekarang, jangan sampai barang-barang yang kita jual tidak banyak yang suka karena kurang up to date dan sudah tidak banyak di pasaran karena ketinggalan zaman.

Keramahan dalam melayani, dalam berbisnis online biasanya pembeli sebelum melilih barang yang mana akan di beli mereka akan banyakbertanya tentang kualitas dan harga yang bias di jangkau jadi dalam melayani pertanyaan mereka kita harus ramah tamah dan tidak kaku.

Promo, semua pembeli pasti sangat mengincar bila ada promo atau bonus, jadi tidak ada salahnya bila pelaku bisnis tersebut memberikan discount atau potongan harga dan bonus-bonus untuk pembelian dengan jumlah tertentu.

Ya sekian yang saya tahu tentang cara menarik konsumen dalam promosi dan kegiatan bisnis yang dapat menjadikan bisnis online lebih di lihat dan diminati konsumen karena kualitas, kepercayaan dan keamanan dan barang-barang yang uptodate.



Jadi kesimpulannya yaitu bisnis online merupakan bisnis yang cukup diminati, Produsen dengan mudah dapat menawarkan produknya melalui media internet.Konsumen pun dapat dengan mudah mendapatkan barang yang diinginkan.Secara keseluruhan bisnis online adalah bisnis yang praktis dan dapat memperoleh keuntungan yang banyak.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar